Rel Kereta Api

Rel Kereta Api adalah sarana jalan kereta api yang menghubungkan satu stasiun ke stasiun lainnya. Rel KAI merupakan landasan yang terbuat dari logam batang yang dipasang sejajar dengan jarak tertentu. Rel dipasang diatas bantalan beton, besi dan kayu. Dulu rel dipasang dibantalan besi, ada juga yang bantalan kayu dan sekarang memakai bantalan beton buatan wika. Pada bantalan tersebut, rel ditambatkan pada sebuah pengunci agar tidak bergeser saat dilalui kereta api. Diatas bantalan rel tersebut ditaburi batu kricak atau ballast dengan fungsi untuk meredam getaran dan lenturan rel akibat berat beban kereta api.

Jenis-jenis Ukuran Rel Kereta Api

Kita tahu rel kereta api itu memiliki ukuran (besar – kecil). Rel lori tebu menggunakan ukuran rel yang kecil. Rel KA pada jaman jepang menggunkan ukuran R33. Saat ini PT Kereta Api Indonesia (persero) sudah upgrade menggunakan ukurang rel R54 yang besar itu. Dan ukuran rel ini menentukan batas kecepatan kereta api.
Baca Harga Tiket dan Jadwal KA Anjasmoro Ekspres Terbaru

Jenis dan Ukuran Rel Kereta Api R25, R33, R41, R42, R50, R54, R60

Rel Kereta Api R54
REL R54

Arti dari kode rel kereta api R25, R42, R54 adalah tiap 1 meter potongan rel beratnya adalah R42=42.59, R54=54.43 kilogram dan seterusnya.

Lebar rel atau gauge bermacam-macam di Indonesia mengunakan lebar track 1067 mm, di Amerika 1435 mm.

Baca Jalur Rel Ganda Lintas Mojokerto Surabaya Dikerjakan

Saat ini R54 pemasangannya dibuat bersambung denga di las menggunakan las termit, tidak dibuat renggang seperti rel R42 kebawah. Kalau di pelajaran IPA dulu, mengapa rel dibuat renggangg sambungannya? karena untuk mengurangi pemuaian rel. Nah sekarang rel R54 disambung, tidak dibuat renggang sambungannya. Tapi tidak memuai, hal ini karena teknologi semakin canggih.

Rel Kereta Api
Sambunga rel tidak renggang

Satu batang rel R54 panjangnya 25 meter dan disambung dari Stasiun satu ke stasiun lainnya.
Jalur ganda Pantura Jawa mengawali penggunaan rel R54 disusul jalur-jalur berikutnya secara bertahap. Kecepatan kereta semakin bertambah, goncangan juga semakin berkurang.

Pada tiap stasiun ada rel bercabang untuk mengatur jalur itu namanya wesel. Pusat kendali mengatur kereta api masuk jalur mana, petugas pengatur perjalanan di stasiun yang mengontrol wesel tersebut.

Batu Ballast
Batu Ballast untuk meredam getaran dan beban kereta api

Untuk rel yang diatas jembatan menggunakan bantalan rel dari kayu supaya lentur saat dilintasi kereta api.

Kami rasa cukup sekian mengenai Rel Kereta Api Indonesia semoga memperkaya pengetahuan anda dan kurang lebihnya mohon maaf.

2 thoughts on “Rel Kereta Api

  1. Pingback: Berapakah Gaji Masinis PT KAI 2019 - 2020 - Informasi Aktual

  2. Pingback: Jadwal KA Tumapel Surabaya Malang - Informasi Aktual

Comments are closed.