7 Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Musim hujan bukan suatau halangan bagi bikers atau pengendara sepeda motor. Biar aman dan nyaman saat mengendarai motor, kami sampaikan 7 Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan. Kita tidak ingin hujan menghambat perjalanan kita ke tempat tujuan. Untuk itu seorang pengendara motor selayaknya menyimpang jas hujan sebagai pelindung saat perjalanan anda dsertai hujan. Jas hujan adalah salah satu kelengkapan yg harus dibawa jika kita berkendara pada saat musim hujan.
Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan tidak terlepas dari bagaiman memilih jas hujan yang baik, aman dan nyaman untuk pengendara roda dua :

1. Lebih Baik Tidak Memilih Model Ponco
Model ini memang paling banyak digunakan oleh pengendara motor. Selain karena praktis saat digunakan, model ponco juga punya harga yang relatif murah. Bahkan di mini market kebanyakan menjual jas hujan bahan plastik berbentuk ponco ini, dua tiga kali pakai mungkin fungsinya sudah menurun. Model ini jika dipakai tergesa-gesa akan mempengaruhi pengendara lain. Karena bagian belakangnya yang menjuntai dapat mengganggu pengendara lain. Ini bisa berakibat fatal, apalagi dalam kondisi hujan sangat lebat.

Model ponco juga rawan mencederai diri sendiri. Pengendara kadang tidak sadar kalau bagian menjuntai jas hujan ponco telah masuk ke jeruji roda. Kondisi ini bisa menambah daftar kecelakaan bermotor. Belum lagi jika bagian dari ponco tersebut menutupi lampu belakang dan sein motor yang kita kendarai, fatal sekali akibatnya.

Solusinya ? Pilihlah Model Setelan
Model setelan sangat cocok untuk kenyamanan berkendara saat hujan. Model ini pun tidak berpengaruh saat terpaan angin sedang kencang. Itu karena bentunya yang menyatu dengan tubuh pemakainya.

[ Baca Satu Dekade KCBK Komunitas CB Kebumen ]

Meski menggunakan model setelan, jangan pula membeli yang ukurannya sangat pas dengan tubuh. Selain akan merepotkan jika membawa tas atau barang bawaan lain, model yang terlalu pas dengan tubuh rawan dimasuki air.

2. Pilihlah Jas Hujan Warna Yang Terang
Jas hujan tidak hanya berfungsi untuk melindungi badan dari basah akibat hujan. Lebih jauh dari itu, jas hujan juga menjadi penunjang keamanan berkendara. Warna yang mencolok sangat disarankan saat hujan lebat. Ini karena, saat hujan mengguyur deras, jarak pandang pengendara akan berkurang. Jas hujan dengan warna mencolok apalagi jika mampu memancarkan cahaya seperti yang digunakan pada rompi polisi akan lebih baik.

pengendara-motor-kehujanan

3.  Jangan Lupa Memakai Shoe Cover
Selain mempertimbangkan bentuk dan bahan. Satu hal yang kadang pula dilupakan oleh pengendara motor adalah shoe cover atau pelindung sepatu. Hal ini sangat penting, apalagi bagi pengendara motor yang aktif memakai sepatu.

Tips memilih pelincung sepatu adalah yang bentuknya tinggi. Karena jika bentunya sama dengan tinggi sepatu, kemungkinan basahnya juga besar. Soal bahan hingga resletingnya, hampir sama dengan cara-cara diatas. Bentuk yang tinggi juga mudah diselipkan masuk kedalam kaki jas hujan.

4. Jangan Berhenti di Sembarang Tempat

Banyak pengendara saat hujan pertama kali turun, langsung berbelok minggir secara mendadak, apalagi tidak memberikan tanda sein. Akibatnya pengendara dibelakangnya jadi kaget dan bisa berakibat menabrak kita. Solusinya, jika hujan turun tiba-tiba deras, beri jeda sedikit (1 menit ) kemudian kasih tanda sein dan segera menepi. Hal ini lebih baik jika anda langsung belok mendadak.

[ Baca Gebyar Ulang Tahun Malang CB Club Yang ke 27 Tahun ]

5. Jangan berteduh di Bawah Jembatan.

Biasanya, banyak pengendara yang tidak membawa jas hujan berteduh di bawah jembatan. Jumlah dari pengendara ini sangat banyak dan bisa mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Solusinya adalah berusaha membawa jas hujan pada motor kita, seperti pepatah ” sedia payung sebelum hujan “.

6. Konsentrasi Saat Berkendara

Walaupun hujan sangat deras, kondisi jalan bergelombang dan macet, usahakan tetap fokus agar terhindar dari bahaya kecelakaan. Biasanya, banyak bikers yang tergesa-gesa ingin cepat pulang dengan mengabaikan keselamatan sendiri, kurang konsentrasi, ngebut, dan jalan zig-zag.

7. Berdo’a

Alangkah lebih baik jika usaha yang kita lakukan agar selamat sampai tujuan diiringi dengan do’a. Berdoa bisa sebelum perjalanan maupun dalam perjalanan. Tentunya dilakukan di dalam hati saja tidak perlu terdengar oleh pengendara lain.

Demikian 7 Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan semoga semua pengendara kendaraan bermotor khususnya roda dua diberikan keselamatan di jalan. Semoga selamat sampai tempat tujuan.