Pembatalan atau Cancel Tiket Kereta Api Secara Online

Fitur terbaru Pembatalan atau Cancel Tiket Kereta Api Secara Online dari aplikasi KAI Acces memberikan keuntungan bagi penumpang. Selain bisa pesan tiket kereta api secara online dimanapun anda berada, anda juga bisa membatalkan tiket kereta api yang sudah anda pesan, bisa juga reschedule atau ubah jadwal keberangkatan, namun akan dibahas di lain artikel. Di KAI Acces ini keuntungannya banyak, bisa pesan tiket go show, bisa pesan tiket KA Lokal dan yang terbaru ini bisa cancel atau batal tiket KAI.

Namun tetapa ada syarat yang harus dipenuhi dan ini sangat ketat untuk menghindari praktik kecurangan maupun menghindari calo. Untuk potongan 25% tetap diberlakukan, jadi harga tiket dipotong 25% itu nilai potongannya. Perhatikan pula nama dan nomor identitas anda dan penumpang anda, jangan asal isi. Harus sesuai dengan KTP anda bila tidak ingin ada kesulitan dalam proses pembatalan. Ingat juga nomor rekening anda. Langsung saja ini dia prosesnya.

Cara Pembatalan atau Cancel Tiket Kereta Api Secara Online

Masuk Aplikasi KAI Acces dan silakan pilih menu my trips lalu pilih kode booing yang akan dibatalkan. Pada menu E-tiket pilih tombol PEMBATALAN.

Selanjutnya pilih minimal satu penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket. Centang kolom Syarat dan ketentuan kemudian lanjutkan proses pembatalan.
Jangan lupa masukkan nomor rekning bank anda untuk pengembalian uang kelak.

Selanjutnya halaman konfirmasi pembatalan muncul untuk mereview pembatalan tiket anda. Klik konfirmasi dan lanjutkan, Pembatalan Sukses.

Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api Secara Online

a. Penumpang yang bersangkutan;

b. Salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access, serta menggunakan akun KAI Access milik pemohon.
2. Pembatalan dilakukan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan dan tiketnya sudah terbayarkan. Apabila tiket sudah tercetak atau kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, pembatalan dilakukan via loket stasiun yang melayani.
3. Pembelian tiket yang dilakukan via channel lain, bisa dibatalkan secara online via KAI Access, dengan cara input kode booking pada menu “My Trips”, selama pemilik akun ikut membatalkan tiketnya.
4. Pembatalan tiket dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari tarif KA yang dibatalkan, di luar bea pesan dengan pembulatan keatas kelipatan Rp.1000,-(Seribu Rupiah).
5. pengembalian bea dilakukan setelah hari ke-30 hingga ke-45 setelah tanggal pembatalan melalui transfer (non tunai), melalui rekening salah satu penumpang yang ada dalam kode booking yang dibatalkan. Pastikan nama dan nomor rekening sudah sesuai, dengan yang ada di buku tabungan.
6. Apabila hingga hari ke 45 setelah tanggal pembatalan dana refund belum diterima (gagal transfer), dibuktikan dengan SMS gagal transfer dari KAI, silakan:
a. Menuju Customer Service on Station (CSOS), yang terdekat dari posisi penumpang;
b. Cetak dan memperlihatkan bukti pembatalan dari aplikasi KAI Access kepada rekan CSOS;
c. Memperlihatkan SMS gagal transfer dan identitas asli kepada CSOS;
d. Penumpang akan mendapatkan pengembalian dana secara tunai.
7. Apabila tiket yang dibatalkan lebih dari satu, tetapi dengan nomor kode booking yang sama, maka refund secara tunai dapat diwakilkan pada salah satu penumpang tersebut dan identitas asli yang perlihatkan, cukup salah satu dari penumpang yang dibatalkan.
8. Apabila refund tunai diwakilkan, silakan membawa:
a. Bukti pembatalan dan identitas asli salah satu penumpang yang tiketnya dibatalkan;
b. Surat kuasa bermaterai, dari pemberi kuasa yang tercantum pada bukti pembatalan. ditujukan kepada pihak yang diberikan kuasa, untuk mengambil refund tunai.

Nah sudah jelas kan bagaimana cara Pembatalan atau Cancel Tiket Kereta Api Secara Online yang terbaru ini. Kami ingatkan sekali lagi bahwa perlu sekali untuk input data nama dan nomor ktp yang benar agar proses selanjutnya lebih mudah.

One thought on “Pembatalan atau Cancel Tiket Kereta Api Secara Online

  1. Pingback: Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru Februari - Mei Juni 2019 - Informasi Aktual

Comments are closed.