Fakta Tentang Terowongan Sasaksaat Yang Perlu Diketahui

Berikut ini Fakta Tentang Terowongan Sasaksaat Yang Perlu Diketahui. Terowongan Sasaksaat adalah sebuah terowongan kereta api aktif terpanjang di Indonesia. Total panjang Terowongan Sasaksaat adalah 949 meter. Berada di bawah Daerah Operasi II Bandung yang menghubungkan Bandung menuju Purwakarta sampai Jakarta. Terowongan ini dibuat oleh tenaga manusia menggunakan alat bor tanpa mesin melainkan dengan tangan manusia. Karena bila menggunakan mesin, dikawatirkan akan terjadi longsor.

Terowongan Kereta Api Sasaksaat terletak di Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kini (Juni 2021) terowongan ini berusia 118 tahun karena dibangun tahun 1902-1903. Stasiun terdekat terowongan Sasaksaat adalah Stasiun Maswati dan Stasiun Sasaksaat. Pada awal pengoperasiannya, Terowongan Sasaksaat digunakan sebagai sarana angkutan penumpang dan pengangkutan komoditas ekspor seperti kopi, teh, beras serta pengangkutan hasil pertanian sehari-hari masyarakat di Wilayah Bandung.

Fakta Terowongan Sasaksaat

Fakta Tentang Terowongan Sasaksaat Yang Perlu Diketahui

Dibangun oleh perusahaan kereta api swasta Belanda SS ( Staatsspoorwegen) pada tahun 1902-1903.

Merupakah terowongan kereta api aktif terpanjang di Indonesia. Dengan panjang 949 meter, tinggi 4,3 meter, lebar 4.38 meter dan ketebalan dinding 0.85 meter.

Berada di jalur antara Purwakarta dan Padalarang di Km 143+144 antara Stasiun Sasaksaat dan Stasiun Maswati.

Membelah perbukitan Cidepong di Kampung Sasaksaat, Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Terowongan ini dipahat/dibor secara manual yang melibatkan ribuan pekerja baik dari Pribumi, Cina dan Eropa. Bor manual ini dimaksudkan untuk meminimalisasi getaran yang akan menimbulkan longsor.

Perhitungan kemiringan dan tikungan 16-25 derajat sehingga bisa dibangun sesuai dengan kontur perbukitan dilokasi tersebut.

Perumukaan terowongan sengaja dibuat meninggi agar air hujan maupun air dari sela-sela dinding terowongan tidak menggenang di dalam, namun mengalir keluar.

Saat ini Terowongan Sasaksaat dilewati oleh kereta api jarak jauh seperti KA Baturaden, Argo Parahyangan, Harina, Ciremai, Serayu, kereta api lokal Cibatu-Purwakarta dan kereta angkutan barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.