Jalur Kereta Api Yang Membelah Jalan Raya Kota Solo

Dimanakah letak Jalur Kereta Api Yang Membelah Jalan Raya Kota Solo? Tepatnya di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo. Jalur ini menjadi ikon Kota Solo karena pada saat ada kereta api yang melintas, bisa sejajar dengan kendaraan lain yang melintas di jalan raya. Unik memang dan ini masih aktif sampai sekarang.

Jalur rel kereta apinya berada di pinggir jalan raya dengan posisi rel sejajar jalan raya. Biasanya rel kereta api yang membelah jalan raya itu selalu lebih tinggi dari jalan, nah ini sejajar. Jalur ini menghubungkan Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota di Sangkrah dan posisinya sejajar dengan jalan raya di pusat Kota Solo yaitu di Jalan Slamet Riyadi Solo.

Rel Jalan Raya
Jalan Slamet Riyadi

Saat kendaraan ditengah kota ramai, tau-tau ada kereta lewat sebelahan sama kendaraan lainnya. Berdasarkan sejarahnya jalur kereta api tersebut dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1922 dan masih beroperasi sampai saat ini.

Baca : Jadwal Kereta Api Batara Kresna Terbaru

Kereta api yang lewat adalah KA Batara Kresna rute Solo-Wonogiri pp, KA Wisata Jaladara, Kereta Api Barang/Kricak dan kereta api kedinasan lainnya. Yang unik itu saat Jalan Slamet Riyadi digenangi air dan rel tidak kelihatan, KA Wisata Jaladara yang ditarik oleh lokomotif uap masih melaju dengan santainya. Inilah keunikan Kota Solo dimana ada Jalur Kereta Api Yang Membelah Jalan Raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.