Cara Booking atau Pesan Tiket Kereta Api

Bagi yang belum tahu langkah memesan tiket kereta api berikut Cara Booking atau Pesan Tiket Kereta Api online dan offline terbaru. Booking atau pesan tiket kereta api itu sangat mudah, bisa dilakukan dimanapun anda berada dan kapanpun waktu yang anda inginkan. Pesan tiket kereta api bisa online dan offline. Langkah pemesanan tiket kereta api offline hanya bisa anda lakukan melalui loket stasiun dan mesin vending machine atau e kiosk dan pemesanan melalui mini market. Pemesanan tiket melalui loket stasiun dilayani pada jam buka loket pemesanan 09.00-16.00. Diluari jam tersebut tidak dilayani, anda bisa beli tiket diloket stasiun untuk keberangkatan hari itu juga atau go show mulai jam buka loket kurang lebih 04.30-22.00 tiap harinya.  Untuk pemesanan melalui mini market, silakan infokan stasiun keberangkatan dan tujuan, tidak lupa tanggal keberangaktan. Pilih kereta yang anda inginkan mulai dari kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Inpu data penumpang yang akan bepergian seperti KTP,SIM, Passpor dll. Anda hanya perlu memberi info nama dan nomor identitas saja, jadi tidak harus yang bersangkutan yang pesan, bisa diwakilkan. Setelah itu bayar dan mendapatk kode booking.

Pemesanan tiket kereta api melalui e kiosk hanya tersedia di beberapa stasiun besar seperti Malang, Pasar Turi, Gubeng, Mojokerto dan seterusnya. E kiosk ini bentuknya vending machine dengan memasukkan uang sesuai nominal kedalamnya, baru bisa memesan tiket kereta api. Langkahnya sama dengan memesan tiket kereta pada umumnya yaitu memasukkan tanggal keberangkatan, stasiun asal dan stasiun tujuan baru pilih kereta yang diinginkan. Tidak ada uang kembalian di mesin vending machine ini. Berikutnya adalah Cara Booking atau Pesan Tiket Kereta Api Online bisa melalui situs Tiket.kereta-api.co.id, Tiket,com, Aplikasi KAI Acces, Traveloka, Reservasi dan Pemesanan tiket online lainnya.

Pesan tiket melaui website, tiket.kereta-api.co.id, Tike,com, Tiketkai,com, Traveloka, Kai Acces pada intinya sama. Silakan buka web atau aplikasinya, kemudian tentukan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Tidak lupa tanggal keberangkatan dan berapa jumlah penumpang yang disertakan. Setelah itu ada pilihan kereta api dengan kelas dan harga tiket dalam daftar. Silakan pilih, kemudian masukkan nama dan identitas para penumpang.

Baca Juga Cek Pajak Kendaraan Bermotor DIY Yogyakarta

Jangan salah dalam input data ini, karena bisa berakibat tidak bisa atau gagal naik kereta api. Ada namanya proses boarding di stasiun yang intinya cek nama di tiket dengan kartu identitas asli anda. Kartu identitas berupa kTP, SIM, Passpor, Kartu pelajar/mahasiswa dan lain sebagainya.

Jika sudah benar input data penumpang, lalu silakan bayar. Biasanya ada kode bayar. Setelah pembayaran sukses, anda dapat kode booking yang harus anda ingat/simpan. Kode booking digunakan untuk proses check in di stasiun untuk mendapatkan boarding pass sebagai tiket resmi. Chek in hanya boleh dilakukan 12 jam sebelum kereta berangkat. Jangan sampai hilang kode booking tersebut.

Kesimpulan dari Cara Booking atau Pesan Tiket Kereta Api Onlie

Buka aplikasi atau Website, Tentukan Tanggal, stasiun keberangkatan, Stasiun Tujuan, jumlah penumpang.
Pilih kereta yang ada dalam daftar sesuai jadwal (ekonomi, bisnis,eksekutif).
Masukkan identitas nama dan nomor identitas.
Segera lakukan pembayaran.
Dapat Kode Booking.

Layanan Pemesanan dan penjualan tiket kereta api di Mitra PT KAI dan Situs Resmi :

E Kiosk mulai H-90 sampai 1 jam sebelum berangkat.
Loket pemesanan stasiun H-90 sampai 3 jam sebelum berangkat.
Mitra pemesanan tiket H-90 sampai 4 jam sebelum berangkat.
Aplikasi KAI Acces H-90 sampai 10 jam sebelum berangkat.
Aplikasi Traveloka H-90 sampai 6 jam sebelum berangkat.
Situs Tiket.kereta-api.co.id, Tiket,com, Tiketkai,com, PadiTrain, H-90 sampai H-2 sebelum berangkat.
Railagent H-90 sampai H-2 sebelum berangkat.
Loket Go Show 3 jam sebelum berangkat sampai menjelang kereta berangkat.

 

Baca Juga Cek Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Tengah Online

Tiket kereta api yang sudah anda booking bisa dirubah dan dibatalkan dengan mekanisme pembatalan tiket dikenakan biaya 25 % dari harga tiket yang tertera. Demikian Cara Booking atau Pesan Tiket Kereta Api terbaru baik Offiline maupun online semoga bermanfaat.