Gapeka 2017 Menggeser Keberangkatan KA Brantas, Kahuripan dan Krakatau ke Blitar

Kabar terbaru dari perkeretaapian bahwa Gapeka 2017 Menggeser Keberangkatan KA Brantas, Kahuripan dan Krakatau ke Blitar. Sebelumnya KA Brantas, Kahuripan dan Krakatau mengawali keberangkatan dari Kediri, nah pada grafik perjalanan kereta api (Gapeka 2017) digeser ke Blitar. Sedangkan Gapeka 2017 sendiri baru berlaku pada April 2017. Keuntungan bagi masyarakat Blitar dan Tulungagung, karena mempunyai banyak pilihan untuk bepergian dengan kereta api tujuan Blitar Jakarta, Blitar Bandung dan satu lagi rute baru Blitar Merak.

Sebelumnya, masyarakat Blitar yang akan pergi ke Jakarta dihadapkan pilihan KA Eksekutif Gajayana, KA Ekonomi komersil Majapahit dan KA Subsidi Matarmaja. Dengan diperpanjangnya rute KA Brantas dan Krakatau ke Blitar, maka pilihan Blitar Jakarta menjadi KA subsidi Brantas dan Matarmaja, KA ekonomi komersil Majapahit dan Krakatau. Untuk rute Blitar Bandung ada pilihan Malabar dengan 3 kelas berbeda (eksekutif, bisnis dan ekonomi) adanya KA Kahuripan menambah pilihan ka subsidi Blitar Bandung.

Rangkaian yang digunakan tetap menggunakan rangkaian asli masing-masing kereta, yakni KA Brantas dengan kapasitas 106 penumpang per gerbong, sedangkan KA Krakatau 80 tempat duduk tiap gerbong, KA Kahuripan 106 tempat duduk tiap gerbongnya.

Baca Juga Minta Uang Secara Paksa, 3 Pengamen Ini Tidak Sadar Ternayta Yang di Mintai Adalah Kapolres

Kesiapan Stasiun Blitar dalam rangka menyambut tiga kereta tersebut adalah dengan difungksikannya kembali turn table atau pemutar lokomotif. Fungsi utamanya adalah untuk menyesuaikan lokomotif dalam keadaan ujung pendek. Lokomotif CC201 dan 203 atau 204 mempunyai dua sisi, ujung pendek dan ujung panjang. Jika berada diujung pendek, maka pandangan masinis luas, jelas dan bebas. Jika ujungpanjang, pandangan masinis agak berkurang. Nah, itu semua sudah disiapkan sejak dini.

Baca Juga Inilah Daftar Biaya Surat Kendaraan Terbaru 2017 Yang Bikin Shock

Dalam Gapeka 2017 Menggeser Keberangkatan KA Brantas, Kahuripan dan Krakatau ke Blitar, maka jadwal keberangkatan jelas mengalami perubahan. Kita nantikan saja realisasinya pada April 2017 nanti. Untuk masyarakat yang ingin mengawali keberangkatan dari Blitar tujuan Semarang, Jakarta, Merak, Bandung bisa menggunakan tiga kereta tersebut diatas.